Mewarnai Bunga Mawar Kertas Tisu

Bismillahirrohmanirrohim

heading (2)

Mewarnai Bunga Mawar Kertas Tisu

Pada artikel yang lalu kita telah membahas tentang cara membuat bunga mawar dengan kertas tisu, kali ini kita akan mewarnai bunga-bunga yang telah kita buat. Seperti biasa, sebelum kita mulai, akan kami jelaskan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang akan kita gunakan untuk mewarnai ada beberapa ragam pilihan, mulai dari bahan pewarna alami yang kita diekstrak sendiri, hingga pewarna kimiawi yang banyak dijual di pasaran.

Contoh berikut menjelaskan cara mewarnai dengan menggunakan ekstraksi bahan alami. Bahan yang digunakan pada contoh ini adalah buah mulbery.

mulbery

 

Buah Mulberry yang setdang mulai tua (berwarna merah kehitaman) dibersihkan dari debu dan kotoran lainnya.

 

 

ekstrak mulbery

Peras buah mulbery untuk mendapatkan ekstraknya, kemudian saring dan cairkan dengan sedikit air. 

 

 

celup

Celupkan bagian tepi kelopak bunga. Celupkan hanya bagian ujungnya saja, jangan seuruh bagian bunga. Jika perlu, ulang pada ujung-ujung kelopak yang belum terwarnai.

Saat mencelup, ingatlah bahwa kertas tisu sangat mudah menyerap air, dan ketika basah tisu tersebut akan mudah robek.  Jadi, jangan terlalu lama mencelupkan bunga ke dalam cairan pewarna, cukup sekejapan saja.

Langkah selanjutnya, jemur atau angin-anginkan bunga hingga benar-benar kering.

 

 

hasil 

Teknik ini akan menghasilkan warna yang bergradasi sehingga bunga akan terlihat lebih natural dan menarik. Pengaturan waktu pencelupan yang baik akan menghasilkan gradasi warna yang dramatis. 

Setelah bunga kering, kita akan dapatkan kuntum mawar yang cantik dengan aroma manisnya buah mulbery

 

Sebagaimana telah disebutkan di awal, zat pewarna yang dapat digunakan tidak hanya ekstrak buah saja, tetapi juga bahan pewarna kimiawi seperti cat air, kertas krep warna-warni, dan bahan pewarna kimia berbasis air lainnya.

Jika anda menggunakan cat air yang berupa pasta, cairkan terlebih dahulu cat air tersebut. Semakin encer larutan pewarna yang anda buat, maka sebaran warnanya akan semakin luas dan semakin cepat, dan waktu pencelupannya pun harus lebih singkat.

Untuk pewarnaan dengan kertas krep warna-warni, Kertas harus dipotong-potong kecil terlebih dahulu, kemudian direndam di dalam air selama 2 sampai 3 jam. Setelah itu, peras kertas dan saring cairan hasil rendaman. Warna yang dihasilkan dari kertas krep ini adalah jenis warna-warna yang cerah dan sangat lembut. Anda juga bisa mencampur beberapa macam warna kertas krep untuk mendapatkan warna sekunder yang menarik.

Selain yang telah disebutkan, Anda juga bisa menggunakan pewarna makanan beraroma (essense buah, bunga, dll). Mewarnai dengan bahan pewarna makanan beraroma ini juga akan menghasilkan kuntum-kuntum bunga yang harum sesuai jenis essense yang dipilih. Jadiā€¦. silahkan berkreasi dengan imajinasi anda sendiri..

About these ads

About sayamuslimah
wallahu a'lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: